Menstrual problems » Discussions » Flek menjelang haid

  • Va
    Posted September 9, 2012
    va: ok deh dok kalau begitu, ada satu pertanyaan lagi dok, saya mau tanya kalau flek saat menjelang haid terlalu lama apakah itu bagus tidak dok sebab saya sering mengalami flek sampai 3 minggu dengan mengeluarkan flek warna cokelat banyak dan setelah itu langsung haid banyak keluar darah sampai yang kental besar seperti hati, kenapa itu ya dok
    Dok: sudah sejak kapan seperti ini?
    va: saya menikah bulan februari tahun ini, saya mengalami hal seperti ini dari bulan april dok sampai sekarang...
    va: makanya suka ketakutan sebab kalau flek keluar warna cokelat dan kental juga dok..
    Dok: apakah sudah periksa ke dokter kandungan?
    va: periksa kedokter kandungan belum dok, sebab saya bekerja jadi belum ada waktu ke dokter kandungan
    va: makanya sebelum saya kedokter kandungan saya mau tanya dulu sama dokter anna, apakah keluhan saya ini mempunyai penyakit yang fatal dok atau bagaimana
    Dok: hal ini dapat disebabkan oleh bbrp hal
    Dok: contohnya adalah adanya penurunan atau peningkatan berat badan yang berlebih, stress fisik atau emosi
    Dok: gangguan pada hormon tiroid
    Dok: ketidak seimbangan hormon
    Dok: adanya gangguan pada sistem reproduksi
    va: cara mengatasinya bagaimana dok..
    Dok: harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya
    Dok: baru dapat menentukan terapi yang tepat
    Dok: oleh karena itu saya sarankan untuk periksa ke dokter kandungan
    va: maksud penyebabnya apa itu dok
    Dok: seperti saya sebutkan kemungkinan nya banyak, yang saya sebutkan diatas
    va: ok deh dok nanti akan saya siapkan waktu untuk periksa ke dokter kandungan..
    va: thank you ya dok untuk penjelasannya
    Dok: sama sama
  • Posted October 24, 2012
    Humairah: kalo dalam masa subur keluar flek coklat... normal nggak???
    Dok: fleknya apakah berbau tdk enak? (lain dari biasanya) apakah gatal?
    Humairah: tidak... seperti flek hari pertama mens dok...
  • Posted February 13, 2013
    ratih riandini: kalau menstruasi yang keluar bukan darah tetapi seperti cairan coklat yang beku itu gimana dok?
    Dok: apakah keluar di saat siklus mens atau di luar siklus?
    ratih riandini: siklus mens, tapi setelah seminggu keluar lagi seperti itu
    Dok: sejak kapan hal ini tjd
    ratih riandini: akhir januari kemarin sampe saat ini
    Dok: apakah selama ini siklus anda teratur?
    ratih riandini: bulan-bulan kemaren iya
    Dok: apakah keluar terus-menerus atau kadang2?
    ratih riandini: apanya dok?
    Dok: cairan coklat
    ratih riandini: kalau pagi sampe siang, kalau malam jarang, paling cuma sedikit
    Dok: bagaimana dgn baunya? biasa? lalu apakah gatal?
    ratih riandini: biasa, kadang gatal
    Dok: keluarnya cairan selain darah mens di siklus menstruasi adl hal yg tdk wajar, terutama jika ad akeluhan gatal, berbau tdk enak, dll
    Dok: sebaiknya anda konsultasi dengan dokter kandungan utk hal ini, apakah ini dipengaruhi oleh siklus mens anda, kelainan hormon, atau ada sesuatu yg tdk wajar pada kandungan anda
    ratih riandini: terus gimana dok?
    Dok: pada beberapa orang hal ini wajar terjadi, tetapi tdk disertai rasa gatal
    Dok: jika anda sudah merasa ini mengganggu aktivitas anda, sebaiknya anda konsultasi. pendapat setiap dokter bisa berbeda2, tergantung siapa yg memeriksa anda. karena dr.anna dan saya tdk memeriksa anda secara langsung maka kami bisa berbeda pendapat. anda bisa mencari second opinion dari dokter lain
    ratih riandini: tapi kadang gatalnya biasanya diluar mens juga
    Dok: krn itulah saya menyarankan anda konsultasi ke dokter krn rasa gatal sudah tdk tentu
    ratih riandini: kalau keputihan itu kenapa??
    Dok: keputihannya spt apa bs dijelaskan?
    ratih riandini: keluarnya kayak lendir beku
    Dok: apakah yg dimaksud yg td anda keluhkan?
    ratih riandini: hampir mirip dok
    Dok: bs anda sebutkan warna, bentuk, dan keluhan penyertanya?
    ratih riandini: bentuknya lendir, warna putih, keluar terus
    Dok: apakah gatal?
    ratih riandini: kadang gatal
    Dok: keputihan termasuk normal jika berwarna putih/bening, tdk gatal, dan tdk berbau
    Dok: di luar kriteria itu, bs dianggap tdk normal. bs disebabkan infeksi, gangguan hormon, atau ad apenyakit lain yg mendasari
    Dok: utk lebih jelasnya anda bs konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin
    ratih riandini: cara merawat kewanitaan gimana dok?
    Dok: cegah jangan sampai terlalu lembab, hindari memakai pakaian yg terlalu ketat, jika kemaluan berkeringat/basah, segera ganti dgn yg kering
    ratih riandini: terima kasih dok
  • Posted August 15, 2013
    SENO: istri saya mengalami flek flek darah seperti wanita mau menstruasi padahal sdh berjalan kurang lebih 12 sejak hari pertama haid. catatan haid istri saya antara 5 sampe 6 hari, kira kira kejadian ini disebabkan oleh faktor apa dok?
    DR. ANNA: slmt malam
    DR. ANNA: baru pertama kali tjd?
    SENO: ya pertama kali dok
    DR. ANNA: menggunakan KB?
    SENO: tidak pake KB. karena kita lg program mempunyai keturunan jd tdk pake KB
    seno: kita sdh ada hampir setahun menikah dan tdk pernah pakai KB sejak awal menikah
    DR. ANNA: sedang mengkonsumsi obat tertentu?
    DR. ANNA: siklus mens pada wanita berkaitan dg hormonal, stress, gaya hidup, keadaan sal reproduksi dsb. Bs juga disebabkan oleh pengaruh obat. Jika keluhan berlanjut sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter anda.
  • any
    Posted September 2, 2013
    any: dok saya mau nanya, kOo sering banget saya keluar darah tpi gak waktu mens, cuma bercak 2 aj dikit.knpa y dok
    DOK: sejak kapan?
    any: skrng
    DOK: apakah anda sedang menggunakan kontrasepsi?
    any: gak
    DOK: bercaknya warna apa?
  • Posted November 7, 2013
    Dewi A: Saya mau berkonsultasi tentang keputihan
    Dewi A: Saya 21 tahun, belum menikah, memiliki siklus haid yang tidak teratur, (katanya oligomenor)Diperiksa dengan USG, (termasuk pada hari kedua haid), dokternya bilang baik2 saja dan tidak terbukti PCOS.Oleh dokter diberikan blesifen untuk 5 hari, sejak hari kedua haid, 8 oktober lalu
    Dewi A: tapi,,,..Kemaren sore saya kira saya mengalami haid, setelah saya perhatikan, itu seperti keputihan, tapi warnanya keruh, agak cokelat terang begituSiang dan sore ini juga saya melihat hal yang sama
    Dewi A: Itu wajar tidak ya Dok? Saya baru pertama kali mengalami yang seperti ini..
    Dok: Kapan terakhir haid?
    Dewi A: hari pertamanya tanggal 7 Oktober
    Dewi A: Selesainya 12 Oktober
    Dewi A: Itu haidnya setelah "dipancing" dengan regumen yang dihentikan pada tanggal 3 Oktober,, agar dekat dengan tangal di bulan sebelumnya
    Dewi A: biasanya haid saya lebih lama
    Dok: Kemungkinan besar hal itu adalah keputihan disertai sedikit darah yg biasa terjadi menjelang haid
    Dewi A: tetapi belum haid ya Dok dihitungnya?
    Dok: ya
    Dewi A: biasanya ini akan terjadi berapa hari ya Dok?
    Dok: biasanya 1-2 hari menjelang haid
    Dewi A: Kalau sudah 3 hari gitu dok, apakah saya harus memeriksakan diri?
    Dok: jika baru terjadi sekali ini masih bisa tergolong normal, biasa terjadi bila ada gangguan hormonal.
    Dewi A: Terima kasih sekali Dok atas jawabannya :)
    Dok: sama2 :)
    Dewi A: Saya merasa lebih tenang. :)
  • Posted April 10
    helly: mohon bantuannya,saya ni bingung...saya punya keluhan keputihan
    Dokter: sejak kapan?
    helly: tp sudah hampir 1 bln in,setelah saya haid sampe skarang kok flek2 trus
    helly: sudah hampir 2 thn in
    Dokter: warna apa? berbau tidak?
    helly: tp keluhan daya kali in bertambah dok
    helly: setelah haid kmaren,sudah hampir 3 minggu in saya flek
    helly: kadang darah kadang kecoklatan
    helly: tp sedikit2
    Dokter: jadi yang sekarang flek yah bu bukan keputihan?
    helly: awalnya keputihan dann berbau dok
    helly: in fleknya jga berbau
    Dokter: sekarang kita bahas flek yang sedang ibu alami dulu yah
    helly: ok
    Dokter: apakah tiap hari flek?
    helly: iya...
    helly: ni dah hampir 3 minggu
    Dokter: usia ibu berapa?
    helly: sebelum flek in saya haid,
    helly: usia 35 dok
    Dokter: sebelumnya pernah mengalami flek seperti ini?
    helly: tdk dokt,hanya keputihan saja
    Dokter: haid terakhir bagaimana? apakah normal seperti sebelumnya atau hanya sedikit?
    helly: lbh sedikit
    helly: tdk spt biasanya
    Dokter: ibu memakai KB apa sekarang?
    helly: saya tdk kb dokt
    Dokter: selama ini tidak memakai KB? apa sedang merencanakan kehamilan?
    helly: iya,dlu sering minum obat ato vit yg d rekom dokt kendungan
    helly: tp dah 1 thn in stop dokt
    Dokter: apa ibu sudah punya anak sebelumnya?
    helly: belum
    helly: tp pernah dkuret thn 2008
    Dokter: sudah berapa lama menikah bu?
    helly: 9 thn,sjk 2005
    Dokter: pernah periksa ke dokter?
    helly: sudah,tp cma kdokt kandungan dlu
    Dokter: apa yang dikatakan dokter?
    helly: untuk lbh detainya blm
    helly: hanya rahim sehat,ok,bagus...gitu aj
    helly: ap perlu saya periksakan lbih lanjut?
    Dokter: apa pernah periksa hormon?
    helly: ntk petiksa hormon kyae blm pernah
    helly: hanya kandungan aj
    Dokter: apakah akhir-akhir ini beban pekerjaan ibu bertambah?
    Dokter: atau ada perubahan berat badan?
    helly: ya...
    helly: saya adopsi anak bu,tp dah 2 thn in
    Dokter: yang bertambah apa bu? pekerjaan atau berat badan?
    helly: Berat badan
    helly: naik 10kg,kurang lbhnya
    Dokter: flek yang ibu alami kemungkinan disebabkan karena perubahan keseimbangan hormonal di tubuh ibu. perubahan hormonal tersebut bisa terjadu karena stres, terlalu capek, perubahan BB, atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu