Dokter Umum » Discussions » Nyeri perut kiri bawah

  • Posted July 17, 2012
    Puri: saya mau tanya, semalam saya susah tidur gara2 perut bagian bawah sebelah kiri yg ampir ke paha itu sakit banget. apalagi klo di teken, trus saya balur sama minyak therapy yg bikin anget sampe bisa tidur, tp ampe skrang msh kerasa, tp ngga terlalu sakitnya, itu karna apa ya dok?
    Dok: apakah ini pertama kali anda merasakan nyeri seperti ini?
    Puri: iya.. saya kira magh nya yg kambuh,, tapi ko posisi nya deket ke paha ya..
    Dok: apakah ada keluhan lain selain nyeri perut kiri bawah?
    Puri: ngga ad itu aja..
    Dok: gangguan pada saat BAk atau gangguan haid?
    Dok: gangguan pada pencernaan?
    Puri: pencernaan nya tidak ada masalh dok
    Dok: untuk mengetahui penyebab dari nyeri perut ini dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut
    Dok: saya sarankan puri untuk ke dokter untuk memeriksakan kondisinya
    Puri: dok. kira2 itu di sebabkan karna ap?
    Dok: penyebab dari nyeri perutnya ini banyak, dari gangguan pada pencernaan, gangguan pada saluran kencing, gangguan pada kandungannya
    Dok: dibutuhkan pemeriksaan untuk mengetahui lebih pasti penyebabnya
    Puri: saya ngga lagi hamil ko..
    Puri: OK. saya coba periksa ke dokter.
    Puri: terimakasih
    Dok: iya, saya mengerti, bukan itu maksud saya, tapi gangguan pada dinding rahim atau pada ovarium nya
    Dok: sama sama
  • Posted November 8, 2012
    Asep: tadi pagi saya bamgun tidur sakit perut bagian kiri bawah. Pertanda penyakit apa dok.?
    Dok: sakitnya spt apa? apakah masih sakit sampai skrg atau sudah hilang?
    Asep: sakit seperti mau buang air tapi nyatnya tidak. Disertai dgn mual2
  • Posted November 14, 2012
    dapat diakibatkan gangguan peradangan pada saluran pencernaan anda, khususnya usus besar. Lakukan konsultasi dengan dokter anda untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.
  • Posted January 23, 2013
    Achmad Yusuf Nur Aziz: dok saya mau tanya diarea perut saya bagian kiri yang bawah agak nyeri kenapa ya dok..trus kalo sekarang bagian kanan bawah juga sama...kira2 gejala apa ya dok
    Dok: maksudnya anda sedang mencret2? nyeri perutnya spt apa bs dijelaskan?
    Achmad Yusuf Nur Aziz: nyeri kayak perih dok...nah dibagian perut sebelah kiri bawah....tepatnya dibawah rusuk yang luar..kira2 itu gejala apa gitu dok...atau dibagian itu organ apa gitu lo dok....
    Dok: nyeru perut kiri bawah atau atas?
    Achmad Yusuf Nur Aziz: agak bawah dan posisinya agak luar dok....sering dok seperti itu.....
    Dok: muncul saat sedang aktivitas apa
    Achmad Yusuf Nur Aziz: kurang begitu tau dok kadang nyeri kdang nggak..munculnya kuang bisa dipastikan
    Dok: nyerinya spt apa? perih? melilit? mules? dll?
    Achmad Yusuf Nur Aziz: perih dok..tp kalo seandainya dibuat naik motor yang jalanya g rata sakit buanget rasanya...trus kalo dibuat kayak loncat2 juga sakit banget
    Dok: sejak kapan mengalami ini?
    Achmad Yusuf Nur Aziz: mungkin kurang lebih 4tahun yang lalu...tapi itu masih biasa....sekarang kalo buat aktivitas agak kasar nyeri rasanya
    Dok: ada byk kelainan yg bs menyebabkan nyeri perut kiri, krn di dalam badan di sblh kiri ada banyak organ. bs berupa gangguan otot, tulang, maupun saraf di sekitar situ. bisa jg akibat gangguan kantung empedu, saluran pencernaan, ginjal, dll
    Dok: utk memastikannya sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam. nanti akan diperiksa lebih menyeluruh, karena sudah lama sekali anda mengalaminya
    Achmad Yusuf Nur Aziz: baik dok.....kira2 di bagian situ ada apanya ya dok....nantinya kan saya biar lebih ngerti...
    Dok: tadi yg saya sebutkan itu adl kemungkinan2
    Achmad Yusuf Nur Aziz: dok saya kan sudah kena magh kan...tapi rasanya itu beda kalau dengan magh saya yang kambuh....apa mungkin pola makan juga mempengaruhi dok
    Dok: bisa juga
    Dok: tergantung apa gejala yg dialami, kemudian hasil pemeriksaan fisik dokter, jika mungkin dilakukan jg pemeriksaan lab, ronsen, dll, setelah digabungkan dan dianalisis, maka akan diketahui apa penyakit anda sebenarnya dan apa yg menyebabkan
    Achmad Yusuf Nur Aziz: la mungkin dari sekarang makanan seperti apa dlu dok yang harus dihindari....
    Dok: hindari makanan yg merangsang saluran cerna, misalnya yg pedas, asam, kopi, alkohol, berminyak, bersantan
    Dok: perbanyak makan sayur dan buah segar
    Achmad Yusuf Nur Aziz: baik dok......mungkin kayak makanan yang pedas,panas,dan asam perlu dihindari atau diminimalisir aja dok
    Dok: betul
  • Posted January 24, 2013
    Disarankan kepada anda untuk melakukan pemeriksaan pada dokter anda, sehingga dapat diidentifikasi penyebab untuk dapat dilakukan pengobatan agar anda tidak berkepanjangan merasakan nyeri tersebut.
  • Posted April 1, 2013
    ANITA DEWI YANTI: malam dok.....sya anita mo tanya....sya sering sakit nyeri d bagian perut bawah bag kiri....kira2 sakit ap y dok...aksi sblumny....
    Dok: usia anda berapa?
    Dok: sudah sejak kapan keluhannya?
    ANITA DEWI YANTI: masuk 32
    Dok: sudah sejak kapan keluhannya?
    ANITA DEWI YANTI: sakitnya sih g terlalu sering kdang2 timbul aj sakit nyerinyklo g slah 2 thn ini....sya juga pernah operasi usus buntu...
    Dok: biasanya kapan dirasakan nyerinya?
    ANITA DEWI YANTI: g tentu dok...pi klo lgi dtg sakitnya....bdn bergerak tmbh jadi sakitnya kadang sampe nahan napas n d tekan perutnya bru bis berdiri.....klo sakitnya cum 15 sampe 20 mint trus hilang g nyeri lgi....
    Dok: saat sedang dirasakan nyeri apakah ada keluhan lain yang menyertainya?
    ANITA DEWI YANTI: tidak ad dok....
    Dok: bagaimana dengan haid anda? apakah ada keluhan?
    ANITA DEWI YANTI: sya sdh 4 bln ni berhenti kb...slma kb sya g pernah dtg bulan...pi setelah g kb lgi haid sya lancar setiap bulan dpt....n juga g ad keluhn.....
    Dok: ada keluhan dengan BAK?
  • Posted May 14, 2013
    Dr.: pagi
    indranoviantoindra novianto: selamat siang dokter..saya ingin bertanya saat ini saya merasakan sakit dibagian perut bawah sebelah kiri.. knpa ya dok..
    Dr.: usia berapa?
    indranoviantoindra novianto: usia 31 th dok..
    Dr.: sejak kapan?
    indranoviantoindra novianto: sejak kemarin dok..
    Dr.: ada demam?
    indranoviantoindra novianto: ada sedikit dok.. dan pusing kepala
    Dr.: ada diare?
    indranoviantoindra novianto: tidak ada dok.. tapi saya punya wasir dok
    Dr.: apa sakit perutnya sejak ada wasir?
    indranoviantoindra novianto: baru baru ini dok..karna saya juga pernah sakit infeksi saluran kencing
    indranoviantoindra novianto: tangan dan kaki pun sering kesemutan dok..
    Dr.: tapi sudah tidak kan infeksinya?
    indranoviantoindra novianto: sakit apa saya dok ?
    indranoviantoindra novianto: infeksi nya sudah saya obati di rs. mitra keluarga kemayoran dan sudah sembuh.
    Dr.: kemungkinan karena salah makan saja
    Dr.: apa ada makan pedas?
    indranoviantoindra novianto: apa saya boleh mengkonsumsi obat penurun panas seperti neuralgin atau paracetamol dok ? karna saya ada demam
    Dr.: boleh silahkan, sebaiknya paracetamol untuk penurun panas
    indranoviantoindra novianto: tidak makan pedas..tapi minum yg bersoda saja..
    Dr.: sebaiknya jangan dulu
    indranoviantoindra novianto: untuk mengobati sakit pada perut nya obat apa yg harus saya konsumsi dok..
    Dr.: maaf tuk resep tak dapat memberikan karena tidak diperiksa secara langsung
  • Posted October 18, 2013
    pipit: mlm dok..bagian prut bawah sering sakit.knp ya dok.apa perlu di usg?
    Dr. Anna: malam
    Dr. Anna: sejak kpn dirasakn? Disebelah mana?
    pipit: sehabis menikah dok.perut agak buncit.saya menikah sudah 1.5th
    Dr. Anna: sdh brp lama sakitnya? terus menerus?
    pipit: nggak si dok kadang2 aja.cm sering berasa nyeri
    Dr. Anna: sakitnya kl sedang apa?
    pipit: klo lg terlalu capek atau melakukann aktifitas yg berat
    Dr. Anna: ada ggn haid? Teraba benjolan? Disertai gangguan buang air besar/ kecil?
    pipit: tidak dok klo haid g prnh nyeri atAu sakit cm nggak teratur aja
    Dr. Anna: sudah pernah diobati?
    Dr. Anna: sebaiknya diperiksakan ke dokter agar diketahui penyebab serta pengobatan yg sesuai